Posted by : ultah Selasa, 09 April 2013
Tag :


JKT48header
Kali ini admin (Fitrah Gilang Fadilah) akan membagi informasi nih buat kalian semua yang ngga tau JKT48 oke langsung saja :
JKT48 (baca : jekeiti fourty eight) adalah sebuah grup idola (idol group) yang dibentuk oleh Produser sekaligus pencipta lagu yang sudah sangat terkenal di Jepang, Akimoto Yasushi. Akimoto adalah produser dari 48 family yang beranggotakan grup idola AKB48 (Akihabara, Tokyo), NMB48 (Namba, Osaka), SKE48 (Sakae, Nagoya), HKT48 (Hakata, Fukuoka), dan sister group pertama di luar Jepang yaitu JKT48 (Jakarta, Indonesia). Tahun 2012 ini 48 family juga akan membentuk overseas sister group lainnya, yaitu TPE48 (Taipei, Taiwan) dan SNH48 (Shanghai, Cina). Seluruh anggota 48 family berbasis idol group

Apakah idol group itu?
Idol group merupakan konsep seperti sebuah Akademi Keartisan. Setiap anggota yang berhasil lolos audisi yang ketat akan dididik untuk menjadi seorang idola yang multi talenta. Tak hanya menyanyi dan menari, namun juga akting, public speaking, membawakan acara, dan sebagainya. Seperti layaknya sebuah Akademi, 48 family juga mengenal istilah graduate (lulus). Lulusnya seorang anggota idol group dari 48 family ditentukan oleh Akimoto sendiri, apakah sudah layak diluluskan atau tidak, atau bisa saja dari keputusan si anggota tersebut, misalnya ingin fokus ke pendidikan atau ingin melanjutkan sebagai penyanyi solo. Graduate juga bisa diterapkan kepada seorang anggota yang melanggar golden rules dari 48 family (tentunya diluluskan secara tidak hormat).Golden Rules dari 48 family adalah :

  • Dilarang merokok dan minum-minum
  • Dilarang berpacaran
  • Dilarang ke diskotik
  • Jika bepergian harus didampingi pengawal/wali
  • Tidak boleh membubuhkan tanda tangan di sembarang tempat (kecuali di merchandise resmi 48 family)
  • Pendidikan tetap yang utama
  • Dilarang memakai pakaian yang mencolok dan make up tebal
Graduate/lulusnya seorang anggota idol group 48 family juga disambut dengan Upacara Kelulusan yang diikuti seluruh anggota idol group tersebut, dan anggota yang lulus juga mendapat sertifikat kelulusan dari Akademi 48 family, yang menandakan ia telah siap untuk menapaki karir sendiri tanpa embel-embel 48 family.

Konsep ini jelas berbeda dengan Boyband/Girlband pada umumnya, yang dilatih hanya untuk menyanyi dan menari, merilis album, dan menghibur lewat tarian dan nyanyian. Menjadi bintang iklan dan akting di sebuah film/sinetron bagi mereka hanyalah aji mumpung setelah mereka terkenal, berbeda dengan anggota idol group yang memang dibentuk untuk menjadi seorang multi talenta.

Perbedaan mendasar lainnya adalah sistem tim. Idol Group memiliki sistem tim, untuk 48 family tiap grup dibagi menjadi 3 tim dengan nama sesuai dengan tiga huruf yang membentuk nama grup mereka, misalnya SKE48 dibagi menjadi tim S, tim K, dan tim E. Pengecualian untuk AKB48, selain tim A, K, dan B, AKB48 juga punya tim 4, karena anggota idol group ini sangat banyak. Member yang belum bisa masuk tim akan dimasukkan ke dalam tim kenkyusei (pelatihan). Tiap tim mempunyai center (seorang member yang tampil di depan saat perform) dan kapten, juga kapten pusat yang memimpin keseluruhan dari 3 tim tersebut. Saat ini, JKT48 baru sampai pada generasi pertama, jumlah anggotanya juga masih sedikit, jadi status semua member JKT48 saat ini masih kenkyusei. Jika nanti sudah ada audisi generasi kedua dan jumlah anggota semakin banyak, JKT48 juga akan dibagi menjadi 3 tim, yaitu tim J, K, dan T..

Karena anggota grup idola 48 family sangat banyak, maka di 48 family dikenal istilah senbatsu election, yaitu pemilihan member yang berhak untuk sering tampil di publik, baik itu video klip, performance, dan sebagainya. Pemilihan tersebut dilakukan oleh fans, dengan syarat membeli CD singel/album orisinal.

 Sumber: JKT48 official website

Tinggalkan Si Komeng :3

- Copyright © 2012 Lank Cyber4rt -Shinpuru v2.3- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -